Tentang Kami

Jejak Aswaja merupakan salah satu wadah media pembelajaran untuk memahami ideologi ahlusunnah wal jamaah.

Konten tulisan yang kami unggah di sini adalah hasil dari diskusi-diskusi di kelas, pemahaman membaca buku dan tugas-tugas yang sudah ditentukan.

Perihal nama, kami ingin menelusuri jejak-jejak sejarah dan pemikiran ahlusunnah wal jamaah. Hal ini, bisa meliputi tentang pemikiran tokoh-tokoh dari ahlusunnah wal jamaah, mulai dari pemikiran akidah, syariat fiqih dan tasawuf.

Selain itu, kami juga ingin mengkontekstualisasikan makna dan sejarah tersebut di era kekinian dengan cara menjadikan asas pemikiran tersebut untuk melihat konteks sebuah permasalahan.

Tentu ini tidak perkara mudah, namun kami selalu konsisten menjaga sekaligus merawat warisan ulama-ulama tersebut.

Asas kami yaitu tiga pilar yang kami sebut sebagai segitiga agama sama sisi. Istilah tersebut kami ambil dari hadis jibril yang populer ketika Nabi didatangi Jibril lalu menanyakan 3 hal, yakni tentang iman, islam dan ihsan.

Ketiga hal itu jika diperinci menjadi ilmu tauhid, syariat fiqih dan tasawuf. Inilah pola sekaligus dasar dari bangunan ahlusunnah wal jamaah.

Dalam ilmu tauhid kami mengikuti mazhab Asyariah dan Maturidiyah. Ilmu Syariat fiqih kami mengikuti empat imam mazhab yakni, Hanafiah, Malikiah, Syafiiyyah dan Hanabilah.

Sedangkan dalam ilmu tasawuf kami mengikuti mazhab Imam Ghazali dan Imam Junaid Al Baghdadi.

Segitiga sama sisi tersebut tidak lepas dari pokok dan konsentrasi kami dalam mengisi konten di website jejak aswaja.

0 Response to "Tentang Kami"