Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Zamakhsyari yang Kehilangan Satu Kaki


Al Zamakhsyari, seorang penulis tafsir terkemuka yang berjudul al Kasyaf, ia adalah ulama yang terkenal yang hanya memilki satu kaki. Ia sendiri menyebutkan bahwa penyebabnya adalah makian sang ibu.

Suatu hari, ketika masih kecil, ia naik ke atas dinding untuk mengeluarkan anak burung dari sarangnya. Anak burung tersebut berusaha melarikan diri dari cengkraman Zamakhsyari. Namun ia sempat mengambil satu kaki burung tersebut lalu menariknya hingga menyebabkan anak burung itu terputus.

Zamakhsyari kemudia menunjukkan kaki burung tersebut kepada ibunya. Karena marah, sang Ibu spontan berteriak
"Ya Allah. Kamu pasti akan kehilangan satu kaki"
Sejak saat itu, Zamakhsyari tidak lagi melaukan perbuatan yang menyebabkan ibunya murka. Dia senantiasa berbakti kepada ibunya setelah ayahnya meninggal dunia.

Setelah remaja, sang ibu mengirimkan Zamakhsyari ke kota lain untuk menuntut ilmu. Suatu saat ketika ia hendak pulang ke rumah, di tengah perjalanan ia terjatuh dari kudanya yang menyebabkan salah satu kakinya sakit, lalu bengkak.

Lama kelamaan kakinya yang bengkak itu terasa sakit sekali. Dokter mengatakan tidak ada jalan lain kecuali harus dipotong. Akhirnya kakinya pun diamputasi.

Melihat hal itu, tentu ibunya merasa sedih dan kasihan kepada anaknya. Dia teringat kutukannya pada masa silam, ketika Zamakhsyari masih kecil.

Tak terasa air mata ibu mengalir membasahi pipinya. Ibunya lantas berdoa kepada Allah.
"Ya Allah, ini terjadi karena kejadian masa silam. Meski demikian, jadikanlah anakku ini orang yang berilmu dan paham Al-Qur'an serta bermanfaat bagi kaum muslimin."
Doa ibunya kini dikabulkan oleh Allah, pada kemudian hari dia menjadi ulama di bidang tafsir dan sastra.

Post a Comment for "Kisah Zamakhsyari yang Kehilangan Satu Kaki"