Kebijakan dan Prestasi Khalifah Usman bin Affan


Penulis Ahmad Saefudin & Khoirul Imam

Setelah membahas tentang Khalifah Abu Bakar dan Sayyidina Umar, maka kini gilirannya Sayyidina Usman ibnu Affan ibnu Abil Ash ibnu Umaiyah. Ia dilahirkan di waktu Rasulullah berusia lima tahun dan masuk Islam atas seruan Abu Bakar Ash Shiddiq.

Sebelum agama Islam datang dan sesudahnya juga, beliau terhitung saudagar besar dan kaya, dan sangat pemurah menafkahkan kekayaannya untuk kepentingan agama Islam. 

Beliau termasuk sahabat yang telah diberi kabar gembira oleh Rasulullah, akan masuk surga. Diriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Tiap-tiap Nabi mempunyai teman, temanku di surga adalah Usman”

Masa Usman bin Affan situasi sudah aman. Kemakmuran sudah tercapai di segenap lapisan masyarakat. Dalam kondisi seperti itu, karakter pemimpin yang shaleh, penyantun dan sabar sangat diperlukan. Dengan karakter seperti Kholifah Usman bin Affan kemakmuran rakyat tercapai, baik jasmani maupun rohani. 

Beliau juga dikenal sebagai orang yang ramah dan humanis. Namun kemudian karakter yang seperti itu malah berdampak kurang baik, yaitu munculnya nepotisme dalam kepemimpinan Ustman kemudian banyak pejabat-pejabat negara dan kerabatnya sendiri serta kurang mengakomodir pejabat diluar kerabat beliau. 

Inilah yang kemudian menyebabkan munculnya kerusuhan, kecemburuan, dan pergolakan pemerintahannya. Wafat pada 35H karena terbunuh dirumahnya saat membaca Al-Qur’an.

Kebijakan dan prestasi Usman bin Affan yaitu:
  1. Memperluas wilayah Islam mulai dari benua Asia yang meliputi Thabaristan, wilayah seberang sungai Jihun, Harah, Kabul, Turkistan, dan Armenia. Benua Afrika meliputi Barqah, Tripoli Barat, dan Nubah. Serta benua Eropa meliputi Pulau Cyprus dan Constatinopel. Serta memperkuatkan pasukan muslimin angkatan laut. 
  2. Pembukuan dan penggandaan mushaf Al-qur’an yang sebelumnya masih berupa shuhuf yang disimpan di rumah Ummul Mukminin Hafshah, sehingga kaum Muslimin mengenalnya dengan Mushaf Usmani.
  3. Memperluaskan Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawarah. 
Berikut adalah sikap dan sifat karakteristik Khalifah Usman bin Affan:

Pertama Dermawan. Beliau selalu mengulurkan tangannya ketika musibah menimpa orang Muslimin baik pada waktu paceklik maupun kekurangan senjata dan peralatan perang lainnya, beliau mengupayakan pertolongan dan bantuan yang tidak dilakukan orang lain yang kaya seperti dia.

Kedua Cerdas. Ketika masuk Islam beliau merupakan deretan ahli Fiqh dan penghafal Al Quran dan hadist. Beliau juga memiliki wawasan yang luas sehingga menjadi faktor pendukung dalam keindahan berbicaranya.

Ketiga Sabar. Beliau terkenal diantara para sahabat sebagai orang yang sabar dalam keadaan apapun. Selain sabar Utsman juga sosok sahabat yang penyantun.

Sumber Bacaan
A. Syalabi, Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka Al Husna Baru 2003

0 Response to "Kebijakan dan Prestasi Khalifah Usman bin Affan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel