Kebijakan dan Prestasi Amirul Mukminin Umar Bin Khattab


Penulis: Ahmad Saefudin & Khoirul Imam

Setelah membahas prestasi dan karakter khalifah Abu Bakar, maka sekarang kami akan sedikit mengulas tentang Umar bin Khatab adalah putra dari Nufa’il al Qurays, dari suku Bani Adi. Sebelum Islam suku Bani Adi ini terkenal sebagi suku yang terpandang mulia, megah, dan berkedudukan tinggi. Di masa Jahiliyah Umar bekerja sebagai seorang saudagar, dia menjadi duta kaumnya dikala timbul peristiwa-peristiwa penting antara kaumnya dengan suku Arab yang lain. 

Sebelum Islam, begitu juga sesudahnya, Umar dikenal sebagai orang yang pemberani, yang tidak mengenal takut dan gentar dan mempunyai ketabahan dan kemauan yang keras, yang tak mengenal bingung dan ragu.

Khalifah Umar bin Khattab, mempunyai karakter: Cerdas, tegas dan mengutamakan kepentingan rakyat. Kecerdasan Umar bin Khattab sangat diperlukan untuk membangun dasar-dasar kemasyarakatan yang islami. 

Beliau juga merupakan tipe yang demokratis, ia mau dikritik dan mau mendengar saran dari orang lain. Hubungan antara penguasa dan rakyat juga sangat demokratis, bersifat transparan, adaptis dan dinamis. Manajemen seperti itu rupanya menjadi salah satu faktor internal keberhasilan kepemimpinan Umar. 

Khalifah Umar bin Khattab merupakan khalifah yang paling banyak memberikan fatwa atas dasar ra’yu/qiyas. Umar bin Khattab wafat pada 23 H karena ditikam saat sholat shubuh oleh Abu Lukluk al Majusi dengan belati yang sudah diolesi oleh racun.

Kebijakan dan prestasi Umar bin Khatab yaitu: 
  1. Penaklukan wilayah Romawi, yaitu: Damaskus, Syiria Utara, Darussalam, Parsi, dan Mesir.
  2. Membentuk beberapa lembaga pemerintah diantaranya di bidang ekonomi seperti Mendirikan Baitul Mall, Mendirikan departemen keuangan dan Pajak, Menetapkan anggaran penerimaan dan pengeluaran negara. 
  3. Lembaga bidang sosial: Mendirikan departemen pendidikan, kehakiman, menunjuk qadhi sebagai ketua peradilan, menetapkan kalender hijriyah. 
  4. Lembaga bidang keamanan: Membentuk angkatan perang yang tetap dan teratur, membagi wilayah kekuasaan Islam. 
Di sisi lain, beliau juga mempunyai karakter yang patut diteladai. Berikut ialah karakter sifat dan sikap Khalifah Umar bin Khattab: Pertama Keras dan Tegas. Umar mempunyai watak atau sifat yang keras dan tegas sejak kecil. Dan ini menjadi sifat yang khas yang dimiliki Umar saat beliau menjadi Khalifah menegakan kebenaran Islam. 

Kedua, Cerdas. Umar merupakan figur yang cerdas. Beliau berhasil mensejahterakan rakyat dengan mendirikan Baitul Mall sebagi tempat dan penyaluran zakat. Baitul Mall juga bertugas menggaji pemerintah. 

Ketiga Pemberani. Beliau merupakan ksatria yang sangat ditakuti oleh kaum Qurays. Beliau dijuluki singa padang pasir karena keberaniannya itu baik dalam perang mauapun dalam sengketa-sengketa pada saat itu.

Keempat Adil. Umar merupakan figur sangat adil baik itu terhadap kaum muslimin maupun non muslim. Beliaupun selalu berusaha melenyapkan kedzaliman dan menegakan kebenaran didalam naungan ajaran agama Islam.

Sumber BacaanA. Syalabi, Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka Al Husna Baru 2003

0 Response to "Kebijakan dan Prestasi Amirul Mukminin Umar Bin Khattab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel